Sabtu, 17 Desember 2011

Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI

Oleh : Ahmad Surya Kartadinata

Andai saya menjadi Anggota DPD RI. Ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian saya nantinya. Yang pertama adalah mensejahterakan masyarakat daerah melalui wirausaha, pertanian, dan juga pariwisata. Bentuk konkretnya dalam wirausaha yaitu akan diadakan pelatihan kewirausahaan dan pemberian keterampilan sehingga bisa mandiri dan bisa membuka usaha sendiri. Selain itu ada juga pemberian modal bergilir bagi yang ingin membuka usaha sendiri. 

Sedangkan dalam untuk mensejahterakan petani atau masyarakat yang bekerja di sektor pertanian, akan dibuat pasar yang menjual kebutuhan petani seperti pupuk, bibit murah, dan juga penyewaan alat bajak. Hal itu dilakukan agar hasil pertanian didaerah bisa bersaing dengan pertanian impor. Untuk bisa merealisasi hal tersebut saya sebagai anggota DPD RI tidak akan menggunakan dana APBD. Saya akan melakukan kerjasama dengan lembaga dan badan pengelola zakat. Karena yang saya ketahui dalam zakat dikenal adanya zakat produktif. Yaitu dana zakat yang terkumpul akan dialokasi pada sektor yang produktif seperti wirausaha dan juga pertanian. 

Lalu untuk memajukan pariwisata daerah. Tentunya, dengan jabatan yang saya miliki. Saya akan berkoordinasi dengan pihak yang terkait seperti PU, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Perhubungan. Tujuan berkoordinasi dengan PU adalah untuk memperbaiki infratruktur daerah seperti membuat akses jalan yang bisa ditempuh oleh wisatawan. Selain sebagai memudahkan akses jalan untuk wisatawan, perbaikan jalan mampu mengangkat perekonomian daerah. Karena dengan akses jalan yang memadai, daerah mampu mendistribusikan hasil pertaniannya.




Sedangkan implementasi dari hubungan saya dengan kementrian pariwisata adalah untuk mempromosikan pariwisata daerah. Tentunya agar dikenal dan banyak wisatawan berdatangan. Sedangkan hasil dari koordinasi dengan Kementrian perhubungan adalah untuk membuat transportasi yang memadai untuk wisatawan. Jika jumlah wisatawan bertambah tiap tahunnya tentunya secara langsung akan mensejahterakan daerah sekitar.

Lalu berikutnya yang nantinya akan menjadi perhatian saya selanjutnya adalah kesehatan. Kesehatan untuk masyarakat miskin. Bentuk implementasinya adalah dengan membangun banyak Puskesmas dan rumah sakit daerah. Hal ini guna untuk mendapatkan akses kesehatan murah bagi masyarakat miskin yang tinggal di daerah. Dan yang terpenting adalah mempermudah pembuatan kartu Gakin untuk mendapat kesehatan gratis. Karena banyak kasus justru yang mempunyai kartu Gakin adalah orang yang mampu.

Dan terakhir, yang menjadi perhatian saya adalah akan dibuat pusat informasi daerah. Disana akan ada koran, majalah, internet yang bisa diakses secara gratis. Karena banyak orang berpendapat bahwa daerah selalu identik dengan ketertinggalan. Oleh karena itu untuk mencegah hal itu saya akan bangun pusat informasi pedesaan. Tak ketinggalan disana juga ada pelatihan untuk menjadi mandiri. Seperti pelatihan wirausaha, metode menanam yang baik, dan yang lainnya.

Di pusat informasi daerah juga terdapat pusat aspirasi. Yang tentunya berguna bagi masyarakat yang ingin mengadu dan berkonsultasi tentang masalah daerahnya dengan bertatap muka langsung dengan anggota DPD RI. Karena mau bagaimanapun terpilihnya saya menjadi anggota DPD RI karena masyarakat. Oleh karena itu kepentingan masyarakat banyaklah yang harus saya dahulukan dan saya harus mau bekerja dan mengabdi kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar